Perbaikan Jalan GDC Akan Dilakukan 2020 dengan Usulan Anggaran Rp40 Miliar



DEPOK – Sejumlah ruas jalan di Grand Depok City (GDC) mengalami rusak parah, lubang-lubang besar dibiarkan menganga lebar. Parahnya lagi ketika memasuki musim hujan, jalan tersebut tergenang air sehingga pengendara banyak yang mengalami kecelakaan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kota Depok Supian Suri mengatakan perbaikan jalan GDC belum bisa dilakukan seutuhnya, pasalnya penyerahan aset jalan GDC dari pengembang ke Pemkot Depok di jalur sepanjang 2,7 kilometer, baru separuhnya yakni dari wilayah pasar pucung sampai di kantor Dinas Pemadam kebakaran, sedangkan sisanya sampai ujung jalan Kartini Raya masih dimiliki pengembang.

 

“Kami dari Pemkot Depok belum bisa melakukan perbaikan jalan GDC sepenuhnya karena seluruh aset milik pengembang belum diserahkan ke kami,” kata Supian Suri saat dihubungi Okezone, Jumat 22 Februari 2019.

Dia menjelaskan penyerahan aset tahap pertama itu baru dilaksanakan bulan Juli 2018, sehingga anggaran perbaikan jalan belum dapat terpenuhi. Pemkot Depok sendiri baru mengusulkan anggaran perbaikan jalan GDC di 2019 dengan total anggaran 40 miliar rupiah dan pelaksanaan perbaikan akan dilakukan pada tahun 2020 nanti.

“Tahun ini kami (Pemkot Depok) baru usulkan anggarkan, perbaikan dalam sekala besar baru bisa kami laksanakan di tahun 2020. Untuk panjangnya leselurihan 2,7 kilometer karena dua jalur jadinya mencapai 5,4 kilometer, satu jalurnya anggaran 20 miliar kalau dua jalur bisa 40 miliar,” jelasnya.

 

Menurut Supian, Pemkot Depok hanya dapat melakukan pemeliharaan di tahun 2019 dengan cara tambal sulam menggunakan aspal, namun pada perbaikan secara besar jalan GDC akan dilakukan pengerasan menggunakan cor beton. Sehingga ketika digunakan jalan itu tidak mudah rusak meski dilalui kendaraan bertonase besar.

“Sekarang kami bisanya melakukan tambal sulam aja perbaikan kecil dan itu juga di aset milik Pemkot kalau belum milik pemkot kami belum bisa apa-apa. Tapi kami akan melakukan koordinasi dengan pengembang supaya jalan GDC diperbaiki kerana rawan kecelakaan,” tutur dia.

(fid)


Source link

author

Author: 

Leave a Reply