Siap-siap, Windows 7 Berakhir 14 Januari 2020





, Jakarta – Microsoft telah mengumumkan tanggal berakhirnya Windows 7 pada 14 Januari 2020. Ini berarti Microsoft tidak akan lagi memperbarui atau mendukung sistem operasi itu setelah tanggal tersebut.

Baca: Penjualan PC dengan Windows 7 Berakhir 31 Oktober 2016

Baca: 350 Juta Komputer Adopsi Windows 7

Sementara Windows 7 hampir berusia satu dekade – diluncurkan pada 22 Juli 2009 – sistem operasi ini masih sangat populer, dengan laporan baru-baru ini oleh Netmarketshare menunjukkan bahwa Windows 7 masih digunakan pada 39 persen PC, sebagaimana dikutip Techradar, 30 Januari 2019.

Jadi berita bahwa Windows 7 akan segera tidak lagi didukung oleh Microsoft berarti ada banyak pengguna di luar sana yang perlu mulai memikirkan langkah terhadap sistem operasi tepercaya ini.

Karena Windows 7 berakhir pada 14 Januari 2020, hingga saat itu Windows 7 berada dalam fase perpanjangan dukungan.

Microsoft sebenarnya mengakhiri dukungan utama untuk Windows 7 pada 13 Januari 2015, yang berarti fitur-fitur baru berhenti ditambahkan, dan klaim garansi tidak lagi valid.

Namun, selama fase dukungan diperpanjang, Windows 7 masih ditambal dan diperbarui untuk memastikan masalah keamanan dan bug diperbaiki. Ketika Windows 7 berakhir, dukungan ini juga akan berakhir.

Jika sejumlah besar orang terus menggunakan Windows 7 setelah tanggal berakhir, hal itu bisa menjadi insentif besar bagi pengguna jahat untuk menargetkan virus di Windows 7. Oleh karena itu pengguna harus mulai merencanakan untuk meningkatkan ke Windows 10, atau sistem operasi alternatif, sesegera mungkin.

TECHRADAR | ZDNET

Source link

author

Author: 

Leave a Reply