Tahu Petis Prasojo di Semarang yang Legendaris, Bisa Jadi Alternatif Camilan Selain Lumpia

Semarang menawarkan banyak kuliner nikmat. Paling diburu adalah lumpia, juga tahu bakso. Ada satu lagi yang kondang dan jadi langganan saat orang-orang berdatangan, yakni Tahu Petis Prasojo Simpang Lima. Mari kita ulas lebih mendalam mengenai kuliner satu ini.

Tahu Petis Khas Semarang Sejak 1980

Tahu Petis Prasojo, via Instagram/heztie_shaka
Tahu Petis Prasojo, via Instagram/heztie_shaka

Tahu Petis Prasojo merupakan salah satu pionir tahu petis yang berada di Semarang. Berdasarkan pada Bu Prasojo, pemilik dari bisnis kuliner ini, usaha tahu petisnya ternyata sudah dirintis sejak tahun 1980.

Dulu belum banyak yang berjualan tahu, hingga banyak seperti sekarang ini. Tahun 1990 sampai dengan 2000-an sudah mulai bermunculan para padagang tahu petis lain.

Ciri Khas Tahu Petis yang Bikin Ketagihan

Tahu petis yang laris manis, via Instagram/prima.kuliner
Tahu petis yang laris manis, via Instagram/prima.kuliner

Berbeda dengan yang terdapat di tempat lainnya, tahu petis di sini sudah dimasukkan petis ke dalam tahunya. Hal ini memang sudah menjadi resep dari tahu petis di sini.

Dengan memasukkan petis di dalam tahunya, membuat rasanya makin istiewa saja. Rasa petisnya akan semakin nendang saat tahu dimakan. Kombinasi antara tahu, petis dan cabai rawit yang rasanya menggigit.

Petis yang Diproduksi Sendiri untuk Jaga Kualitas

Petis warna biru tua yang menggoda, via Instagram/laurentiadewi_blog
Petis warna biru tua yang menggoda, via Instagram/laurentiadewi_blog

Untuk menjaga citarasanya tetap sama seperti saat pertama kali membuka usaha, ternyata sang pengelola memproduksi sendiri petisnya. Menggunakan bahan-bahan dari udang dan cumi, ditambah dengan gula serta garam. Cara membutanya tidak sulit, udang dan cumi digiling bersama sampai halus kemudian ditambah dengan garam dan juga gula.

Menggiurkan, via Instagram/rinikuliner
Menggiurkan, via Instagram/rinikuliner

Selain petisnya yang diproduksi sendiri, tahu yang digunakan di sini juga khusus. Yakni, mereka memilih tahu jenis pong ataupun tahu tanpa isian. Jenis tahu seperti ini lebih cocok untuk tahu petis, karena nanti tahu pong akan dimasukki petis. Buat kamu yang ingin membawa pulang petis, ada bumbu petis botolan yang dibeli.

Alamat Tahu Petis Prasojo di Semarang

Ada menu lain misalnya mendoan, via Instagram/rinikuliner
Ada menu lain misalnya mendoan, via Instagram/rinikuliner

Tahu Petis Prasojo ini berlokasi di Pujasera Simpang Lima yang berdekatan dengan arah Jl. Ahmad Yani Semarang. Bukanya mulai jam 15:00 hingga 01:00 dini hari. Selain tahu petis, di sini juga menjual beragam menu yang lain.

Ada tahu bakso, pisang goreng, tahu susu, lumpia, tape goreng, risoles, rolade dan mendoan. Harganya juga sangat terjangkau, satu buah gorengan dibanderol Rp2.000 saja.

Jika kamu bosan menyantap lumpia saat berada di Semarang, Tahu petis Prasojo ini bisa jadi alternatif. Tak kalah nikmatnya kok dengan beragam lumpia yang ditawarkan.

Source link

author

Author: 

Leave a Reply