Cara KAI Antisipasi Melonjaknya Pemesanan Tiket Lebaran



JAKARTA PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meningkatkan kapasitas kecepatan internet (bandwith) hingga dua kali lipat untuk memudahkan calon penumpang mengakses situs resmi dalam pemesanan tiket keberangkatan Lebaran 2019.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, perusahaan telah memperbesar kapasitas “bandwith” dari 200 mbps menjadi 400 mbps untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung di channel penjualan tiket Lebaran yang mulai dibuka pada Senin, 25 Februari 2019, pukul 00.00 WIB atau dini hari nanti.

“Seperti tahun-tahun lalu biasanya, calon penumpang pesannya ramai-ramai saat dini hari. Kami meningkatkan sistem ‘bandwith’ dua kali lipat, dan penambahan channel-channel aplikasi supaya tidak ‘crowded’ di satu tempat,” kata Edi pada konferensi pers, dikutip dari Antaranews, di Ruang Posko Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Baca Juga: Reaktivasi Jalur Kereta Api Pacu Daya Saing

Edi memaparkan selain bandwith, KAI juga meningkatkan kemampuan server utamanya, yakni berlokasi di Bandung dan di Surabaya sebagai cadangan (back up server).

KAI juga melakukan antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server untuk menghadapi lonjakan penjualan tiket.

Dia mengimbau agar para calon penumpang melakukan pemesanan tiket dari situs resmi KAI dan aplikasi KAI Access guna menghindari adanya tambahan biaya pemesanan.

Edi mengingatkan bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak, tiket yang ia pesan akan terjual kembali.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Lebaran Sudah Bisa Dipesan Besok

“KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” katanya.

Selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA Reguler dan 50 KA Tambahan dengan total mencapai 406 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari jumlah tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Setiap harinya, KAI menyediakan 247.010 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang pada 2019 mengalami kenaikan sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 tempat duduk.

(fbn)

Source link

author

Author: 

Leave a Reply