Peristiwa 24 Februari: Berdirinya Partai NAZI hingga Pangeran Charles dan Lady Diana Tunangan



JAKARTA – Rentetan sejarah atau peristiwa di dunia terjadi pada tanggal 24 Februari. Beberapa diantaranya adalah didirikannya Partai NAZI di Jerman pada 1920, serta pengumuman pertunangan Pangeran Charles dan Lady Diana.

Berikut adalah beberapa peristiwa atau sejarah yang telah dirangkum oleh Okezone yang dikutip berdasarkan sumber Wikipedia:

1. 1875 – SS Gothenburg Menabrak Karang Penghalang Besar

Perahu

Kapal uap atau kapal api milik Inggris, SS Gothenburg, tenggelam di perairan timur Australia setelah menabrak Great Barrier Reef yang jika diterjemahkan bebas berarti karang penghalang besar. Tak kurang dari 100 penumpang yang kebanyakan pejabat Inggris tewas dalam kecelakaan air tersebut.

2. 1917 – Perang Dunia I: Duta Besar Amerika Serikat menerima Telegram Zimmermann

Perang Dunia

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Inggris, Walter Hines Page, menerima telegram dari Kekaisaran Jerman yang menyatakan akan menjamin kembalinya New Mexico, Texas, dan Arizona kepada Meksiko.

Kala itu, Kekaisaran Jerman juga mengimbau Meksiko untuk segera melakukan penyerangan ke AS demi merebut wilayah-wilayah tersebut. Telegram dari Jerman itu kini dinamai Telegram Zimmermann.

3. 1920 – Partai Nazi didirikan di Jerman.

Hitler

Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman (Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterparte , disingkat NSDAP atau lebih dikenal dengan Partai Nazi adalah sebuah partai politik yang pernah ada di Jerman. Partai ini didirikan pada awal 1920-an dan bermarkas di M√ľnchen.

Sebelumnya partai ini bernama Deutsche Arbeiterpartei (Partai Buruh Jerman), nama partai itu diubah pada tanggal 24 Februari 1920 setelah Adolf Hitler mengambil kepemimpinan partai. Lambang resmi Nazi adalah Swastika.

4. 1976 – Istana Buckingham mengumumkan pertunangan antara Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer

Charles

Istana Buckingham secara resmi mengumumkan pertunangan Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer pada 24 Februari 1976.

Pernikahan mereka pun dianugerahi dua anak laki-laki calon penerus takhta Kerajaan Inggris, yakni William yang lahir pada 1982 dan Harry yang lahir dua tahun kemudian.

(edi)


Source link

author

Author: 

Leave a Reply