Qasr Al-Farid, Makam ‘Kesepian’ di Tengah Kota Oasis, Konon Mengandung Suatu Kutukan

Arab Saudi memang dikenal sebagai kawasan penuh bangunan bersejarah terbuat dari bebatuan. Salah satunya Qasr Al-Farid yang berada di Madain Saleh, kota terbesar kedua Nabath, bangsa Arab kuno. Tempat ini merupakan makam berjuluk the Lonely Castle. Konon juga menyimpan kutukan. Penasaran kelanjutannya? Yuk, simak ulasannya.

‘Kesepian’ di Tengah Kota Oasis

Sendirian di Tengah Padang Pasir via Instagram @andredemello
Sendirian di Tengah Padang Pasir via Instagram @andredemello

Qasr Al-Farid mempunyai julukan ‘kesepian’ sebab keberadaannya benar-benar jauh dari situs-situs lainnya. Sehingga kalau dilihat dari kejauhan, seolah makam ini sendirian, tidak berteman.

Makam ini diukir dari sebongkah batu besar. Namun pengerjaannya tidak pernah selesai. Maka bentuknya seperti yang sekarang bisa disaksikan. Tinggi Qasr Al-Farid ini kurang lebih empat lantai.

Qasr Al-Farid merupakan simbol ikonik dari Madain Saleh atau Hegra. Sebuah kawasan yang penuh peninggalan Kerajaan Nabatea. Area ini berada di Al-Ula, kota oasis di wilayah Madinah.

Konon Mengandung Kutukan

Konon Tempat Ini Terkutuk via Instagram @antiqua_archeologia
Konon Tempat Ini Terkutuk via Instagram @antiqua_archeologia

Penduduk Muslim setempat jarang sekali datang ke Qasr Al-Farid. Mereka meyakini tempat ini dikutuk oleh Nabath, yang kala itu menolak masuk Islam dan meninggalkan dewa mereka.

Nabath sendiri merupakan bangsa Arab kuno yang mempunyai beragam keterampilan, salah satunya mengukir batu. Mampu menguasai Mediterania timur sampai bagian utara Arab. Namun masa kejayaan mereka terusik oleh keadaan ekonomi dan politik bangsa Romawi.

Terjaga Bentuknya Aslinya

Digenangi Air Hujan yang Jarang Turun via Instagram @thetravelpro
Digenangi Air Hujan yang Jarang Turun via Instagram @thetravelpro

Situs peninggalan bangsa Nabath yang populer berada di Petra, Yordania. Madain Saleh tidak seterkenal kota tersebut, jarang pengunjung yang datang ke sini. Sebab tempat ini pun terpencil di tengah padang pasir yang kering. Beberapa bangunan kuno di area ini pun masih ada yang terkubur di dalam pasir.

Suasana Saat Malam via Instagram @yisunphotography
Suasana Saat Malam via Instagram @yisunphotography

Hal tersebut malah membuat bangunan Qasr Al-Farid terjaga bentuknya, tidak terjamah tangan-tangan usil. Ditambah lagi iklim kering gurun pasir yang mengawetkannya secara alami.

Kompleks Pemakaman di Madain Saleh

Qasr Al-Farid via Instagram @gabscanu
Qasr Al-Farid via Instagram @gabscanu

Kalau Teman Traveler ke Madain Saleh, tidak hanya singgah ke Qasr Al-Farid. Sebab kawasan ini dipenuhi kurang lebih 130 pemakaman batu. Dilengkapi ukiran hewan-hewan mitologi seperti sphinx dan grifon, setengah anjing setengah elang. Ada pula ukiran prasasti yang terbilang rumit. Semuanya hasil karya bangsa Nabath.

Teman Traveler yang ingin ke Madain Saleh di Kota Al-Ula ini, bisa naik kendaraan bermotor dari Madinah. Memakan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan. Bagaimana tertarik untuk menyaksikan langsung makam-makam unik tersebut?

Source link

author

Author: 

Leave a Reply