Padamkan Karhutla, Satu Heli Water Bombing Kembali Dikerahkan ke Riau



PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau kembali mendapat penambahan kekuatan udara untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Satu unit helikopter jenis Kamov didatangkan ke Bumi Lancang Kuning.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur mengatakan, heli yang didatangkan ke Riau ini memiliki kapasitas angkut air yang lebih besar dibanding dengan heli yang sudah ada.

“Sore ini helikopter tersebut datang untuk membantu penanggulangan kebakaran,” ucap Jim Gapur kepada Okezone, Kamis (28/2/2019).

Foto: BNPB

Heli jenis ini mampu mengangkut 4,5 ton. Heli ini nantinya akan melakukan aktivitas water bombing (bom air) dari udara, di beberapa lokasi kebakaran di Riau, seperti Bengkalis, Dumai, Siak, Pelalawan dan Rohil.

(Baca juga: Kabut Asap Akibat Karhutla Makin Parah, Sekolah di Pulau Rupat Riau Diliburkan)

Saat ini, Riau sudah diperkuat kekuatan udara untuk pemadaman adalah satu unit helikopter water bombing dari BNPB, dan dua helikopter milik TNI yang digunakan untuk mengedrop pasukan dari udara dan patroli.

Foto: BNPB

Selain itu, pesawat jenis Cassa 212 dari BNPB sudah dikerahkan ke Riau untuk melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan. Caranya adalah dengan melakukan penyemaian awan dengan garam.

Pasukan darat juga telah diperbantukan 1 kompi pasukan dari Kontrad (Komando Strategi Angkatan Darat). Pasukan elite TNI AD ditempatkan di daerah Pulau Rupat, Bengkalis.

“Tim darat dan udara terus berupaya menanggulangi kebakaran,” imbuhnya.

(qlh)


Source link

author

Author: 

Leave a Reply