Naiki KRI Usman Harun, AS-Australia Tabur Bunga di Selat Sunda




Jakarta
Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Australia melakukan tabur bunga di perairan Utara Pulau Panjang, Selat Sunda, Banten. Prosesi tabur bunga itu dilakukan di KRI (Kapal Republik Indonesia) Usman Harun-359.

Kadispen Lantamal III Aripudin mengatakan acara tabur bunga ini digelar untuk menghormati pahlawan yang gugur dalam peristiwa perang di Selat Sunda antara kedua negara tersebut.

“Kegiatan tabur bunga di laut ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para Pahlawan kedua negara tersebut yang gugur dalam perang Dunia ke II melawan negara Jepang di perairan Utara Pulau Panjang Banten,” ujar Aripudin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3/2019).


Acara tabur bunga ini di hadiri oleh Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, Athase Angkatan Laut Amerika Serikat CDR Greg Adams dan Duta Besar Joseph R. Donovan serta Mr.Allaster Cox, DHOM Australia. Selain itu, hadir pula Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama Denih Hendrata, pejabat Pemerintah Daerah Banten, keluarga pahlawan Dawn Manning dan Goerge Hatfield serta Pejabat Militer.

Dalam acara, dijelaskan sejarah singkat terkait terjadinya pertempuran di Selat Sunda. Pertempuran ini dilakukan antara Kapal Perang Amerika USS HOUSTON dan Kapal Perang Australia HMAS PERTH melawan Kapal Perang Jepang pada perang dunia ke II.

Tabur bunga dilakukan tepat di atas kerangka kapal perang kedua negara. Hal ini dimaksudkan agar dapat lebih mengenang dan menghormati jasanya kepada negara.

“Kegiatan tabur bunga ini dilakukan di atas kerangka Kapal Perang USS HOUSTON dan Kerangka Kapal Perang HMS PERTH dengan dimaksud untuk mengenang dan memberi arti yang mendalam, sekaligus menghargai dan menghormati atas jasa-jasanya kepada negara dan bangsa,” kata Aripudin.

(dwia/zak)




Source link

author

Author: 

Leave a Reply