7 Sate Legendaris di Bandung, Pilihan Kuliner Bakar yang Enaknya Tak Terbendung

Teman Traveler pecinta sate? Maka Bandung merupakan kota di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan. Di Kota Kembang ini banyak menyuguhkan sate legendaris. Pengalaman berpuluh-puluh tahun jadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang datang. Travelingyuk sudah mengumpulkan deretan sate legendaris di Bandung. Mana saja?

Sate Kardjan

Sate Kardjan, via Instagram/kulinerbandung
Sate Kardjan, via Instagram/kulinerbandung

Sate legendaris di Bandung yang begitu rekomended adalah Sate Kardjan yang sudah dirintis dari tahun 1925. Awalnya membuka usaha di Klaten, Jawa Tengah. Namun kemudian pindah ke Bandung pada tahun 1960.

Menu yang banyak diburu adalah sate buntel yang istimewa. Penyajiannya memanfaatkan hotplate. Sate Kardjan ini berada di Jl. Pasar Kliki, Bandung. Jam bukanya mulai dari pukul 11:00 hingga 23:00 WIB.

Sate Hadori

Sate Hadori, via Instagram/laperterusdeh
Sate Hadori, via Instagram/laperterusdeh

Kemudian ada Sate Hadori yang juga masuk ke dalam jajaran sate legendaris di Bandung. Sudah mulai beroperasi bahkan lebih dari 70 tahun. Sampai sekarang, interior dan pelayanannya masih sama seperti dahulu. Bahkan tetap sama, yaitu tanpa wifi ataupun AC. Rasanya otentik dan juga mantap. Kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan satenya ya. Alamatnya berada di Jl. Stasion Selatan, No. 11-12.

Kedai Sate HM Harris

Sate HM Harris, via Instagram/kris_ljourney99
Sate HM Harris, via Instagram/kris_ljourney99

Kamu penggemar sate kambing? Datang saja ke Kedai Sate HM Harris. Tempat ini populer, bahkan beberapa waktu lalu dikunjungi oleh Jokowi. Alamatnya berada di Jl. Asia Afrika No. 155, Bandung. Lokasinya berada di pinggir jalan, jadi mudah ditemukan. Tak hanya sate kambing, ada olahan lainnya yang enak. Tempat ini sudah dirintis sejak 1974.

Sate Sidareja Pak Gino

Sate Pak Gino, via Instagram/detianisa
Sate Pak Gino, via Instagram/detianisa

Lokasi sate legendaris di Bandung lainnya adalah Warung Sate Sidareja Pak Gino. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1980. Alamatnya di Jl. Sunda No. 76, Bandung, tepatnya berada di samping rel kereta api. Menu yang ditawarkan di sini adalah aneka ragam sate, termasuk ayam, sapi, juga sate buntel. Uniknya, sate di sini disajikan menggunakan hotplate, jadi akan tetap hangat.

Sate Jando Cimandiri

Sate Jando Cimandiri, via Instagram/foodgallerybdg
Sate Jando Cimandiri, via Instagram/foodgallerybdg

Sate Jando Mandiri merupakan salah satu yang populer. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga berkunjung. Bahan yang digunakan adalah lemak susu sapi yang biasanya disebut dengan gajih. Ada pula campuran daging ayam yang tak kalah nikmat. Tempat ini ada di Jl. Cimandiri, depan gedung Magister Ekonnomi Terapan Unpad. Tempat ini sudah ada sejak 1980-an. Jangan lupa mampir, ya.

Sate Maulana Yusuf

Sate Maulana Yusuf, via Instagram/bemp777
Sate Maulana Yusuf, via Instagram/bemp777

Sate Maulana Yusuf menempati bangunan kuno dan menyuguhkan beragam sate. Rumah makan klasik ini berada di dekat perempatan antara Jl. Maulana Yusuf, Jl. Diponegoro dan juga Jl. Pangeran Kornel. Sudah mulai berjualan sejak tahun 1980-an, sangat terkenal. Satenya beragam, ada ayam, kulit, jeroan dan kambing. Ada menu selain sate yang bisa dicoba.

Kedai Sate Leman’s

Kedai Sate Leman’s, via Instagram/pickypoppy
Kedai Sate Leman’s, via Instagram/pickypoppy

Ada yang lainnya juga tidak kalah legendaris. Namanya adalah Kedai Sate Leman’s yang telah dirintis sejak tahun 1985. Alamatnya di Jl. Buah Batu No. 116 A, Lengkong, Bandung. Di sini menyuguhkan sate kambing yang empuk dan anti bau prengus. Bumbunya bisa pilih sendiri ya. Ada gule kambing juga yang bisa dicoba.

Terbukti bukan? Ternyata ada banyak sate legendaris di Bandung. Kamu akan betah traveling di Kota Kembang ini. Jadi, kapan nih main ke sini?

Source link

author

Author: 

Leave a Reply