Jauh dari Kesan Seram, Makam di Uzbekistan Ini Malah Seindah Istana

Kalau biasanya terkesan seram, berbeda dengan yang ada di negara ini. Uzbekistan punya kompleks makam yang bangunannya megah layaknya istana, yaitu Shah-i-Zinda. Makam indah tersebut menyimpan suatu cerita penting di balik pembangunannya yang berhubungan dengan Nabi Muhammad SAW. Penasaran ada apa? Yuk, disimak ulasan berikut.

Dibangun 1000 Tahun Lalu

Sebuah Nekropolis Populer di Samarkand via Instagram @tulanan
Mulai Dibangun Abad ke-11 via Instagram @tulanan

Makam megah di Uzbekistan ini telah berusia ribuan tahun, sebab dibangun semenjak abad ke-11. Awalnya di sini hanya ada 1 makam yang cukup populer. Seiring berjalannya waktu, kuil, makam, dan bangunan lain pun dibangun di kawasan Shah-i-Zinda setidaknya sampai abad ke-19. Hasilnya adalah kemegahan yang sekarang bisa Teman Traveler saksikan.

Konon Sepupu Nabi Muhammad Dimakamkan di Sini

Desain Bergaya Timurid via Instagram @globetrottingsu
Desain Bergaya Timurid via Instagram @globetrottingsu

Kompleks Shah-i-Zinda ini dipercaya sebagai makam dari Kusam ibn Abbas, yaitu sepupu Nabi Muhammad yang menyebarkan agama Islam di kawasan negara ini pada abad ke-7. Sehingga tidak heran, makam di Uzbekistan ini begitu dijaga dan terbilang suci.

Selain sepupu Nabi Muhammad, makam di Uzbekistan ini juga dipakai untuk menguburkan tokoh penting lain. Di antaranya adalah Timur, seorang penguasan Islam Sunni dan Ulugbek yaitu sultan dari wilayah timur Persia.

Sebuah Nekropolis

Monumen Indah di Shah-i-Zinda via Instagram @globetrottingsu
Monumen Indah di Shah-i-Zinda via Instagram @globetrottingsu

Makam di Uzbekistan ini merupakan sebuah nekropolis yang punya arti secara harfiah “tomb of the living king”. Sisa-sisa peninggalan orang yang telah meninggal pun ikut dikuburkan. Ciri khas nekropolis lainnya adalah dibangunnya monumen megah yang juga ada di Shah-i-Zinda. Bahkan monumen itulah yang menjadi salah satu daya tarik bagi pelancong.

Rutin Dibersihkan via Instagram @reddevil2310
Rutin Dibersihkan via Instagram @reddevil2310

Bangunan Shah-i-Zinda khas Timurid dengan ubin-ubin bermotif indah. Sampai sekarang pun masih dapat disaksikan keelokannya. Sebab kiin tempat ini dipakai untuk memakamkan banyak orang, tidak memandang jabatan maupun status. Sehingga memungkinkan keluarga yang berziarah untuk tetap menjaga keutuhan makam.

Singgah di Shah-i-Zinda

Pelancong Puaskan Berfoto di Tempat Indah Nan Instagenic via Instagram @eva.shpilka
Pelancong Puaskan Berfoto di Tempat Indah Nan Instagenic via Instagram @eva.shpilka

Shah-i-Zinda berlokasi di Samarkand, sebuah kota tua di Uzbekistan. Makam ini merupakan tempat ziarah yang amat suci dan penting. Sehingga patuhilah aturan yang diterapkan, salah satunya berpakaian tertutup.

Pelancong Pakai Pakaian Tertutup via Instagram @genifaruk
Pelancong Pakai Pakaian Tertutup via Instagram @genifaruk

Makam di Uzbekistan ini bisa ditempuh dari Bandara Internasional Samarkand dengan 10 menitan berkendara. Jangan lupa siapkan budget untuk tiket masuk, mulai dari Rp20 ribuan sampai Rp40 ribuan.

Selain indah, Shah-i-Zinda juga menyimpan cerita dan sejarah. Cocok nih buat Teman Traveler yang suka wisata budaya. Berhubung tempatnya juga super instagenic, siapkan kamera juga. Puaskan berfoto di sini, namun tetap patuhi aturan yang berlaku, ya. Bagaimana tertarik untuk datang?

Source link

author

Author: 

Leave a Reply