Lumpia Sami Jaya di Jogja, Street Food Legendaris Tapi Antreannya Seakan Tak Habis-habis

Malioboro merupakan salah satu wisata yang banyak diincar saat berwisata ke Jogja. Tempat ini menyuguhkan beragam daya tarik, mulai dari pusat perbelanjaan, musik jalanan, fashion, sampai dengan kuliner. Membahas kuliner Jogja, ada satu street food yang antreannya panjang. Yakni Lumpia Sami Jaya yang legendaris dan jadi salah satu pilihan saat orang-orang ingin kudapan enak di sekitaran Malioboro.

Lumpia Sami Jaya yang Sudah Ada Sejak tahun 1970-an

Lumpia Sami Jaya, via Instagram/kokokulineran
Lumpia Sami Jaya, via Instagram/kokokulineran

Lumpia Sami Jaya masuk dalam kuliner legendaris di Jogja yang sudah hadir menemani kelana rasa sejak tahun 1976. Perintisnya adalah Nur Seto. Kini, usaha ini sudah dikelola oleh generasi kedua.

Meski sudah berganti tangan, rasanya masih sama sampai membuat banyak orang jauh-jauh dari luar kota untuk mencobanya. Cita rasa lumpia di sini berbeda, kalau tidak percaya bisa dicoba saat berkunjung.

Asal Usul Penamaan Lumpia Sami Jaya

Tawarkan rasa yang mantap, via Instagram/koh_aming
Tawarkan rasa yang mantap, via Instagram/koh_aming

Penamaan Lumpia Sami Jaya sendiri memiliki cerita. Lumpia ini pertama kali dijajakan di depan Toko Sami Jaya di dekat Hotel Mutiara. Karena itulah, terkenal dengan Lumpia Sami Jaya atau Lumpia Mutiara.

Jika kamu bertanya kepada warga setempat mengenai Lumpia Sami Jaya ini, sudah barang tentu mereka tahu. Namanya sudah populer dan kerap jadi jujukan wisatawan.

Tawarkan Dua Jenis Lumpia yang Enak

Lumpia sayur, via Instagram/tastefuljogja
Lumpia sayur, via Instagram/tastefuljogja

Lumpia di tempat ini memiliki ukuran yang biasa, tidak terlalu besar ataupun kecil. Namun meskipun begitu isiannya padat dan seringkali disajikan saat masih hangat karena baru saja digoreng jika ada pembeli.

Saat kamu membeli lumpia di sini, akan ada tambahan cabe rawit dan saus bawang putih. Rasanya gurih dan segar, terlebih dengan tambahan acar dan saus bawang putih.

Camilan enak, via Instagram/jogjabikinlaper
Camilan enak, via Instagram/jogjabikinlaper

Lumpia Sami Jaya menawarkan beberapa pilihan rasa, ada ayam dan spesial telur puyuh. Perlu dingat ya Teman Traveler, lumpia di sini ditawarkan hanya dalam bentuk digoreng, tidak ada yang jenis basah. Bisa dinikmati langsung, namun lokasinya sederhana. Bisa juga dibungkus untuk disantap di rumah.

Lokasinya Mudah Ditemukan

Sederhana namun melegenda, via Instagram/jajanyogya
Sederhana namun melegenda, via Instagram/jajanyogya

Datang saja langsung ke depan Toko Sami Jaya di kawasan Malioboro, di Jl. Malioboro No. 18, Suryatmajan. Tepatnya ada di sebelah Hotel Mutiara.

Cara termudah untuk mencapainya adalah dari Malioboro ke arah Selatan kurang lebih 200 meter dan posisi kedainya berada di emperen toko di timur jalan. Bukanya mulai dari jam 08:00 sampai dengan 21:00 WIB.

Lumpia yang melegenda, via Instagram/injogjafood
Lumpia yang melegenda, via Instagram/injogjafood

Ada cabang lainnya yang bisa kamu kunjungi, yaitu di Jl. Mataram No. 44, Suryatmajan, Danurejan, Jogja. Lumpia ini dijual di gerobak sederhana yang ukurannya juga tidak terlalu besar. Murah banget, lumpia ayam dipatok Rp4.500 saja, sedang lumpia spesial dibanderol Rp5.000.

Selain Bakpia Pathuk, kamu juga bisa mengudap jenis lainnya yang tak kalah enak. Misalnya saja Lumpia Sami Jaya ini. Rasa enaknya tidak perlu untuk dipertanyakan lagi ya Teman Traveler.

Source link

author

Author: 

Leave a Reply